============================ --> Pengertian/Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya -->

Pengertian/Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya


Perbedaan HTTP dan HTTPS akan kami bahas lengkap mulai dari pengertian, perbedaan, dan keuntungan menggunakan HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Jika Anda pernah berbelanja online, di bagian nama domain akan terlihat gembok berwarna hijau dan tulisan https sebelum nama domain.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengenai fungsinya?

Ini akan berguna untuk melindungi informasi Anda, sehingga tidak ada seorang pun dapat mengetahui isi informasi tersebut.

Contohnya ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit ketika berbelanja online, data dari kartu kredit Anda akan sulit diketahui oleh pihak ketiga.

Berbeda hal nya jika website yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi masih menggunakan http, maka data Anda akan sangat rawan untuk disalahgunakan. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan http dengan https yang wajib Anda ketahui.

HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Merupakan sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda.Biasanya lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website.

Ini dapat Anda temukan ketika Anda mengakses website yang letaknya diawal nama domain.

Tapi ada masalah jika website Anda menggunakan HTTP. Karena data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak di enkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya.

Lalu solusinya bagaimana?

Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS, dimana S mewakili kata secure, yang artinya aman.


HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Dapat Anda temukan ketika mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login.

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan terlihat ketika Anda mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Sebagai contohnya, silakan akses alamat berikut http://www.anak-inspitech.ga Maka akan otomatis menjadi https.


HTTPS juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security).


FUNGSI HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS juga terlihat ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.

Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid.


Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi.


Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.

You may like these posts